Senin, 27 Oktober 2014

Desa Mlilir, Desaku yang kucinta


Desa Mlilir  
Kecamatan Gubug
Kabupaten Grobogan
Propinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia
koordinat : Lintang : 07°03'02" S   , Bujur : 110°42'14" T
Luas Wilayah= 1,98 km2
Jml Penduduk per Januari 2012= 3.636 jiwa
Jml Dusun= 2
Jumlah RT/RW= 24 RT, 6 RW
Potensi Perekonomian= Pertanian (padi, jagung, palawija), Peternakan (sapi, kambing)

Mlilir= berasal dari kata ‘Semilir’ yang berarti angin yang semilir, nyaman.

Sejarah DesaMlilir identik dengan kehidupan empat orang tokoh (Mbah Reso Wiguno, Mbah Pare, Mbah Nur Sarkowi, dan Mbah Wali Mbogo). Mereka menyebarkan agama Islam, dan mereka juga gigih bekerja untuk memajukan masyarakat. Mbah Reso Wiguno membuka hutan (babat alas). Setelah babat alas beliau merasa kelelahan, kemudian beliau istirahat dibawah pohon sambil mengipasi badannya dengan caping (pelindung kepala/ topi tradisional), karena merasa semilir maka Mbah Reso Wiguno berkata tempat ini aku namakan MLILIR, yang berarti semilir.


Peta Desa Mlilir

Desa Mlilir merupakan salah satu dari 21 Desa di kecamatan Gubug - Grobogan,. Batas - batas wilayah Desa Mlilir adalah sebagai berikut :

  • sebelah utara : Desa Manggar Wetan
  • sebelah selatan : Desa Papan Rejo
  • sebelah Barat : Desa Kemiri
  • sebelah timur : Desa Saban.

Dari kota Purwodadi, Desa Mlilir berada di sekitar 40km di sebelah barat, dan Kecamatan Gubug betada di sekitar 4km di sebelah timur. Desa Mlilir dengan Kota Purwodadi sudah cukup baik dengan keadaan jalan yang mempunyai lebar sekitar 5 meter dan sebagian jalan aspal dan sebagian lagi jalan beton.

Desa Mlilir dilewati jalur ganda rel kereta api PT.KAI. Desa Mlilir dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari Semarang maupun Purwodadi menggunakan kendaraan bermotor.

Desa Mlilir dialiri sebuah sungai besar yaitu sungai Tuntang yang bermuara di waduk kedung Ombo, sungai tersebut berfungsi sebagai irigasi dan cadangan air di musim kemarau.

Dah gitu aja sekilas info tentang desa saya, ga bisa panjang lebar soalnya udah ngantuk... semoga aja bermanfaat...


sumber
5 Kepo Maksimal: Desa Mlilir, Desaku yang kucinta Desa Mlilir   Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Propinsi Jawa Tengah Negara Indonesia koordinat : Lintang :  07°03'02" S    ...

Tidak ada komentar:

< >

viva log